Wednesday, March 20, 2019

Review Daycare TBB Sylva KLHK

Sejak usia 3 bulan dan Bunda harus mulai aktif ngantor, putri kecil kami diasuh oleh yangti-yangkungnya di rumah, dengan sedikit bantuan dari mpok yang bantu di rumah (pulang hari). Menjelang akhir tahun lalu, yangkung sempat kurang fit sehingga harus bolak-balik ke dokter. Yangti pun harus siaga merawat yangkung.. Saat itulah saya mulai panik memikirkan siapa yang akan merawat putri kami, yang saat itu usianya menjelang 20 bulan. Mencari pengasuh anak di jaman sekarang, di Jakarta pula, sungguh bukan hal yang mudah.. Selain mencari pengasuh untuk putri kami, saya pun mulai mencari daycare sebagai alternatif. 

Sebenarnya ada TK dan TPA yang lokasinya dekat sekali dengan rumah kami, di pintu masuk cluster, 3 menit jalan kaki dari rumah. Hanya saja setelah saya cari2 info, TPA td kurang direkomendasikan oleh tetangga karena pengasuhnya sedikit dan kurang telaten momong anak. Ok, coret dari list.

Atas rekomendasi teman kantor, saya mencoba menghubungi daycare TBB sylva di komplek kementerian lingkungan hidup dan kehutanan. TBB sylva tepatnya berada di area pintu masuk lobby 7 komplek gedung KLHK di jl. gatot soebroto. By phone diinformasikan kalau saat itu kelas toddler TBB sylva penuh. Fufufuu...

Beberapa hari kemudian, dalam kepanikan tingkat dewa, saya pun berniat untuk datang langsung ke beberapa day care di area sekitar kantor. Yang pertama kali saya datangi langsung adalah TBB sylva tadi. Di sana saya bertemu dengan Bu Darmi, seorang guru yang merangkap penanggungjawab operasional TBB Sylva ini. Kesan pertama bertemu beliau, duuh.. khas guru TK sekali beliau, pribadi yang hangat dan ramah. Kabar baik dari beliau adalah, Audra ada di waiting list kedua untuk mulai di Bulan Januari. Saya pun berdo'a semoga yang ada di waiting list pertama, cancel deh! Aamiin.. hihihii..


Ruang Bermain di TBB Sylva

 Ketika diajak berkeliling oleh beliau melihat kondisi TBB Sylva, saya merasa klik karena tempatnya bersih dan pengasuh yang saya temui di sana ramah2 dan sepertinya telaten momong anak2. TBB sylva sendiri terdapat 2 'kelompok' daycare, yaitu untuk bayi 3-12 bulan dan toddler 1-4 tahun. Untuk kelompok bayi, kalau tidak salah, mereka hanya menerima maksimum 6 atau 8 orang, sementara untuk toddler maksium 16 orang.



Ruang Belajar di TBB Sylva
  Ruangan di TBB Sylva terdiri dari ruang bermain toddler, ruang bermain dan beraktivitas bayi (foto tdk saya sertakan di sini), ruang belajar (mewarnai dll, semacam kegiatan anak TK mungkin, ya?), ruang/kamar bobok siang, ruang makan dan dapur serta toilet/kamar mandi.



  
Ruang bobok siang toddler



ruang makan
Biaya pendaftaran di TBB Sylv sebesar 50 ribu dan biaya daycare 1,25 juta per bulan. Oh ya karena TBB Sylva ini di bawah pengawasan/bagian dari program dharma wanita klhk, maka pegawai klhk pun mendapat prioritas dan potongan biaya. Kalau tidak salah biaya daycare untuk pegawai klhk sebesar 1 juta/bulan.


dapur
Dengan biaya tersebut, anak2 bisa dititipkan dari jam 7/8 hingga jam 16.00.Jika kita terlambat menjemput, dikenakan biaya overtime sebesar 20 ribu/jam. Jika saat diantar pagi hari, anak-anak belum sarapan, pengasuh2 di TBB Sylva dengan sigap akan membantu anak kita menyelesaikan sarapannya. Menu sarapan harus disiapkan sendiri oleh orang tua, ya.. Nah, kalau makan siang sudah termasuk dalam paket, tuh. Saat kita jemput pun, anak-anak sudah dimandikan sore. Jadi, pulang sampai rumah tidak perlu mandi lagi, deh. Oh ya, setiap anak akan mendapatkan loker tempat menyimpan barang-barangnya (termasuk snack2 cemilannya) di sini.




Nah, kegiatan anak-anak selama di daycare ngapain aja, ya? ya, maen2, bernyanyi, menggambar, bobok siang dan sesekali mereka jalan-jalan. Salah satu nilai plus TBB sylva adalah lokasinya yang berada di komplek kementerian klhk yang rimbun dengan hutan kotanya itu.. lokasinya adem dan hijau.. Kadang, sepulang dari daycare, Audra jalan-jalan dulu di hutannya (arboretum) klhk itu..di arboretum itu bahkan ada sebuah cafe, arborea namanya yang cukup cozy, lho.. lumayan buat ngopi2 sambil lihat pohon2 hijau, dan burung2 hinggap di pepohonan.. heheeh..



 
Arboretumnya adeeemm...

 Singkat cerita, saya pun mantap menitipkan putri kecil kami di TBB Sylva. Dan alhamdulillah.., rejeki kami, Audra dpt tempat donk di TBB Sylva, which is amaziiing.. dari cerita2 teman, org klhk sendiri pun susah dapat tempat, krn selalu penuh kelasnya. Aaah, alhamdulillah, rejeki kamilah.. :) 

Audra sudah 2.5 bulan bermain di TBB sylva, dan alhamdulillah perkembangannya baik. Dari yang dulunya anak pemalu, selalu lari minta gendong kalau ada tamu di rumah, tidak nyaman ketika ada teman kami yang sapa2/godain, sekarang jd lebih ceria dan berkembang aspek sosialnya. Mungkin lain waktu saya akan mereview lebih detail, ya.. Tp, so far.. TBB Sylva recommended lah.. :)

2 comments:

  1. kalo untuk baby kasurnya ada sendiri gak mba ?

    ReplyDelete
  2. Halo kak, perkenalkan saya fadel. saya sedang mencari informasi ttg TBB sylvia. namun, karena musim pandemi seperti ini kami hubungi nomor kantor tbb sylvia ternyata belum aktif. apakah Mbak Dewi punya nomor pribadi salah satu pengurusnya untuk tanya2 lebih jauh? jika berkenan, mohon share ke email saya ya kak: fadelbasrianto93@gmail.com.

    terima kasih. saya sangat terbantu dengan review dari Mbak Dewi. salam

    ReplyDelete

Review Daycare TBB Sylva KLHK

Sejak usia 3 bulan dan Bunda harus mulai aktif ngantor, putri kecil kami diasuh oleh yangti-yangkungnya di rumah, dengan sedikit bantuan dar...