Monday, October 19, 2015

Memasak bagi saya adalah bisa karena terpaksa!

Bisa karena terbiasa, atau lebih tepatnya karena terpaksa.. Itulah memasak bagi saya.. Hehehe..

Sejak kecil hingga remaja, saya jarang sekali belajar memasak.  Dalam ingatan masa kecil saya, almarhumah Ibu yang merupakan ibu bekerja dengan seabrek kegiatan sosial di sore hari, biasanya akan turun ke dapur untuk moment2 spesial.. Misalnya menyiapkan hidangan lebaran.. Atau baking kue dan cake! Untuk hidangan sehari2 Mbokdhe Arjolah yang menyiapkan masakan di rumah kami. Karena sejak kecil mbokdhe Arjo jugalah yang momong saya, secara tidak langsung, dari mbokdhe Arjo inilah saya 'belajar' memasak.. Well, lebih tepatnya, mengamati bagaimana cara memasak.. Matur nuwun Mbokdhe Arjo.. :) Oh ya, hingga sesepuh skrg ini, mbokdhe Arjo ini masih 'merawat' keluarga saya, lho.. Walaupun Bapak-Ibu saya sudah meninggal, dan saya dan kakak kandung saya saat ini tinggal di Jakarta, mbokdhe Arjolah yang tiap pg masih menyapu halaman rumah kami di Jogja. Nuwun ya mbook.. :)

Bertahun-tahun kemudian, saya harus hidup mandiri di negri orang untuk studi. Selama 2 tahun belajar di Brisbane, karena beberapa alasan, saya terpaksa harus belajar memasak. Selain karena tidak mudah mendapatkan makanan yang terjamin kehalalannya, harga makanan juga mahaal. Untuk sekali makan seharga $10, rasanya beraaat banget di kantong mahasiswa berbeasiswa seperti saya, . Apalagi lidah saya kan Indonesia sekali, atau bahkan Jawa sekali, jadi kurang merasa cocok dengan menu Bule.. Akhirnya, untuk bisa survive hidup di Brisbane, mulailah saya bereksperimen di dapur.. 


Karena terpaksa, jadi belajar masak.. Oh ya, thanks to facebook, ternyata saya pernah membuat satu album yang berisi foto2 hasil belajar memasak saya.. ehheheeh


Saat saya desperately kangen masakan2 khas Indonesia, saat itulah saya harus BELAJAR membuat masakan itu di dapur flat kami. Misalnya, kangen makan batagor, bereksperimenlah saya membuat batagor sendiri. Saat pengen makan empal daging, belajarlah saya membuat empal daging sendiri, pengen macaroni schotel, ya coba bikin sendiri juga. Begitu pula saat lebaran tiba dan pengen banget kastengel, saya cobalah membuat kastengel sendiri. Dan seterusnya... Semua bermodalkan jaringan internet cepat untuk browsing resep dan nge youtube. Alhamdulillah, sebagian besar jadi juga lho! hehehe.. Tentu saja, sekali lagi, saya harus berterima kasih pada Mbokdhe Arjo yang secara tidak langsung telah mengajarkan saya basic skill memasak.

Bahkan, suatu kali saya pernah juga membuat gudeg, lho! Iyaaa, gudeg! Alhamdulillah rasanya enak juga.. Bahkan, saat mahasiswa Indonesia membuat fund raising untuk membantu korban letusan Gunung Merapi saat itu, saya berani menjual gudeg tersebut. Seporsi gudeg dengan telor, tahu dan sambal goreng kentang dihargai kurang lebih 8$ saat itu.. Hehehehe.. 

Sekembalinya dari Brisbane, saya tinggal dan bekerja di Jakarta. Di Jakarta saya tinggal di kos dengan dapur minimalis sekedar untuk masak indomie. Selain itu, segala jenis masakan Indonesia dengan mudahnya kita temukan dengan harga murah. Untuk porsi kecil, jauh lebih murah membeli masakan jadi dibandingkan membuat sendiri, pula! Sejak itulah, sedikit kebisaan saya memasak yang terasah selama di Brisbane, menguaaaap.. hoaaaamm!!

Setelah saya menikah beberapa bulan lalu, barulah saya harus belajar memasak lagi.. Metodenya masih sama sih.. Buka google dan browse resep saat akan memasak.. heheheeh.. Semua bisa karena terpaksa, rupanya! ;)

No comments:

Post a Comment

Review Daycare TBB Sylva KLHK

Sejak usia 3 bulan dan Bunda harus mulai aktif ngantor, putri kecil kami diasuh oleh yangti-yangkungnya di rumah, dengan sedikit bantuan dar...