Monday, February 29, 2016

Cerita Dapur Dewi: Ayam Kecap Andalan!

Pertama kali saya memasak ayam kecap adalah ketika di suatu sore suami request menu ini untuk makan malam. Setelah googling sebentar, akhirnya saya nguprek dapur untuk memasak menu ini untuk pertamakalinya. Resepnya sih kombinasi dari berbagai resep yang saya baca.. eh, surpriseee!! Hasilnya ternyata enaakkk!! jadilah, menu ini cukup sering saya masak di dapur..

Ayam Kecap Andalan Dapur Dewi.. heheheh

Resep ayam kecap saya memang agak 'ribet' karena menggunakan lebih banyak bumbu dapur dibanding resep ayam kecap pada umumnya. Tapi, rasanya, Insya Allah enak, deh! :)


Berikut resep dan cara pembuatannya:

Bahan:
1 ekor ayam, potong sesuai selera
Kecap manis secukupnya (saya tidak menakar, sesuai selera sih.. yang pasti sampai warnanya ngecap alias cukup hitam ya.. hehehe)
2 sdm Kecap manis pedas
4 lembar daun jeruk
4 lembar daun salam
3 batang sereh, keprek
garam secukupnya
merica bubuk
air

Bahan yang dihaluskan:
10 butir bawang merah
5 butir bawang putih
5 buah kemiri, sangrai sebentar
1 ruas (kurang lebih 1 cm) kunyit, kupas, iris2 tipis
1 ruas (kurang lebih 1 cm) jahe, kupas, iris2 tipis
1 ruas (kurang lebih 1,5 cm) lengkuas, kupas, iris2 tipis
1 ruas (kurang lebih 1 cm) kencur
5 buah cabe merah (atau sesuai selera untuk tingkat pedasnya).
Blender semuanya, hingga halus dan berbentuk pasta.

Step by step proses memasak "Ayam Kecap Andalan"


Cara memasak:
1. Panaskan kurang lebih 2 sdm minyak goreng
2. Tumis bumbu halus hingga harum
3. Tambahkan kecap manis dan kecap manis pedas, aduk2 hingga rata
4. Masukkan ayam, aduk hingga bumbu merata di ayam. Oh ya, supaya kuman2 di ayam mentah tidak membahayakan tubuh kita, biasakan untuk mencuci tangan hingga bersih ya, setelah mencuci ayamnya.
5. Masukkan satu mug air (saya gunakan gelas blender bekas bumbu, jd sekalian ngebilas bumbu yang masih tersisa.. biar nggak mubazir.. heheeh)
6. Tambahkan garam dan merica secukupnya, masukkan daun salam, daun jeruk dan lengkuas kepreknya juga. Aduk-aduk hingga merata.
7. Sebelum kuahnya mengering, jangan lupa dicicipi ya.. jika perlu perbaiki rasa.. sedikit garam, sedikit gula (jika ingin rasa lebih manis, misalnya).
8. Setelah kuah kental, ayam kecap siap disajikan. 

Bagian yang paling saya suka dari ayam kecap ini justru kuahnya yang kaya bumbu itu.. Yuuummm! Dagingnya jd bonus aja.. heheheeh..

Selamat mencoba..!! :)

1 comment:

Review Daycare TBB Sylva KLHK

Sejak usia 3 bulan dan Bunda harus mulai aktif ngantor, putri kecil kami diasuh oleh yangti-yangkungnya di rumah, dengan sedikit bantuan dar...