Thursday, August 20, 2015

Seserahan

Sejak awal merencanakan pernikahan, kami sudah lumayan terbuka soal kondisi finansial masing-masing. Untuk biaya pernikahan pun, kami patungan berdua. Well, lebih tepatnya 2/3 bagian Ardi dan 1/3 bagian saya.. ahahahah... Iyaaa, suami saya memang lebih jago mengelola keuangan (baca: nabung), dibandingkan saya yang boros.. p

Anyway, seperti yang pernah saya tulis di postingan sebelumnya, wedding budgetting memang penting banget untuk merencanakan pernikahan, supaya tidak bablas menguras tabungan, atau bahkan bikin kita kejeblos debt alias utang. Sejak awal, kami mempunyai jumlah tertentu sebagai plafon budget. Jumlah tersebut sudah termasuk untuk mahar, biaya KUA, cincin, biaya resepsi, termasuk belanja seserahan dsb. Supaya tidak over budget yang bakal bikin pening nantinya, pengeluaran2 yang sifatnya bisa 'terkendali' ya saya belanjakan dengan hati2,  syukur2 bisa dihemat.. hehehe.. Salah satunya adalah belanja SESERAHAN. 


Kami punya plafon budget tertentu untuk belanja seserahan. Alhamdulillah semua 'terkendali' bahkan bisa dihemat. Lebih hemat karena, Ardi tidak minta angsul2. Jadi, budget angsul2 dia bisa digunakan untuk menutup pengeluaran lain yang over budget. hehehe.. Saya yang biasanya boros sekali untuk belanja2 barang nggak penting, alhamdulillah juga tau diri untuk memilih barang-barang yang memang saya perlukan saja, dan bukan barang yang lagi saya pengen. Karena itulah, barang-barang yang saya pilih untuk seserahan, agak aneh dan tidak pada umumnya! heheheh.. Misalnya, saya tidak membeli sepatu kerja dan pesta tapi justru membeli sepatu olah raga. Tentu saja karena saya memang lagi butuh sepatu olah raga baru dan sedang tidak membutuhkan sepatu kerja atau pesta.. ehhehe..  Barang lain untuk seserahan adalah yang sehari-hari saya gunakan, alhamdulillah tidak kalap beli-beli yang bakalan mubazir. Misal: kosmetik yang saya pakai sehari-hari. Mukena yang saya gunakan sebagai bagian dari mahar-pun pemberian Ardi beberapa waktu lalu, jadi saya tidak membeli mukena baru. Mukenanya belum pernah saya pakai, cantik dan rasanya layak untuk dijadikan mahar. Ya sudahlah, hemat! heheheh... Tas pesta juga tidak beli baru. Tas itu oleh-oleh calon mertua waktu beliau pergi umroh sesaat sebelum acara lamaran kami. Hemat! 

Item agak mahal (menurut kantong saya) yang saya beli untuk seserahan kemarin adalah batik dan sprei! Saya rasa, seserahan menjadi moment yang tepat untuk punya batik kualitas bagus.. haiyah.. Atas ijin calon suami waktu itu, saya beli batik tulis sogan, motif sido mukti yang sarat makna itu. Selain itu, saya juga membeli sprei katun organik (serat bambu).. Tiap kali jalan ke mall, mampir ke bagian bedding suatu dept store, saya selalu ngiler pengen punya sprei dari serat bambu atau katun organik yang haluuus itu.. aah, akhirnya terbeli juga satu untuk seserahan. Hehheeh.. 





Sprei katun organik idaman dikemas cantik oleh Lika.. :)
Pokoknya item dalam seserahan saya sengaja dipilih yang usable, bermanfaat, dan sesuai selera saya tentunya.. 

Bagian paling tricky adalah bagaimana mengemas barang-barang 'biasa' itu supaya tampak cakep untuk digunakan sebagai seserahan. Di Jogja, ada satu toko pusat bungkus2 kado, parsel dan tentu saja seserahan ini. Kado Kita di daerah Sagan. Tapi, info dari teman yang sempat ke sana untuk tanya-tanya, biayanya lumayan mahal, euy.. Rrrrgghhh.. Secara saya adalah pengantin ekonomis, maunya dapat barang keren dengen harga ekonomis, nggak maulah bayar mahal2 untuk bungkus seserahan. Kemudian teringat kalau salah satu teman kuliah saya di biologi UGM dulu punya usaha membuat kotak kado, kotak2 perhiasan, kotak tissue, dll Lika, namanya.. Dan ternyata Lika juga sering mengerjakan orderan bungkus seserahan. Akhirnya saya contact Lika menanyakan biaya bungkus seserahan seperti yang saya pengen. Yaitu, menggunakan kotak dari kain batik sogan motif truntum. Ternyata Lika, menawarkan harga yang masuk akal sekali untuk bungkus seserahan itu.. Entah karena kami teman kuliah atau karena memang dia baik dan tidak mengambil untung terlalu besar dari konsumennya.. Apapun alasannya, Alhamdulillah.. heheheh..


Seminggu sebelum acara pernikahan kami, Lika mulai mengirimkan foto kotak yang dilapis kain batik kawung warna sogan.. Motif truntum agak susah dicari saat itu.. Dan...., kotaknya cakep!! hari-hari berikutnya, Lika mulai mengirimkan foto seserahan yang sedang disusun. Aaah, saya sukaaa... seserahan saya dikemas simple dan elegant! seperti yang saya mau.. asyiiikkk..



Kosmetik saya juga dikemas cantik! kotaknyaaaa, cakeeep...
Total seserahan hanya 7 box, nggak banyak seperti seserahan orang pada umumnya yang mencapai belasan bahkan puluhan kotak.. (foto dari instagram Lika)


Seperangkat alat sholat, bagian dari mahar pernikahan kami.. Love how it's beautifully wrapped!

Barangkali ada yang berdomisili di Jogja dan membutuhkan jasa Lika untuk wrapping seserahan atau box2 dari berbagai bahan, silahkan tinggalkan pesan ya.. Nanti bisa saya bagi contactnya.. Produk2 yang dihasilkan Lika bisa dibeli di beberapa toko di Jogja juga, sih.. Jadi, bisa juga untuk check produk2 Lika di Toko Merah atau Toko Progo Jogja, juga..


Bekas kotak seserahannya, sayang-sayang donk kalau dibuang.. Sekarang kotak-kotak tersebut, kami manfaatkan untuk menyimpan barang2 di rumah. Alhamdulillah, barang-barang seserahan sederhana saya dikemas simple elegant dengan harga ekonomis, harga teman sepertinya! yeeayy.. Thanks Lika.. Pelanggan puasss!! :) 


7 comments:

  1. Hai salam kenal Dewi :D Aku lagi mikir-mikir buat ngelengkapin seserahan dan mendarat di sini. Hihi. Kebetulan aku juga bikin plafon yang ud disetujuin bareng, jadi pas beli seserahan udah kebayang mana yang diprioritaskan (agak mahal) dan sisanya yang masuk bujet. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa.. Saranku, coba disiplin dgn budget yg disusun ya.. Otherwise, bakalan jebol deh tabungan.. Heheheee... Berdasarkan pengalamanku, over budget hrs dianggarkan sekitar 20%an lho.. Krn biar kita udah berusaha detail bikin wedding budgettingnya, tp adaaa aja yg tiba2 hrs dibudgetin extra krn berbagai alasan... Selamat merencanakan pernikahan yaaa... Semoga semua lancar ya...

      Delete
  2. Mbak Dewi boleh gak Aku minta kontak Lika-nya ya?? Aku lagi butuh banget Mbak Dewi, cek kado kita mahal2 sayang ya huhuhu. Makasih banget Mbak Mohon diemail ke Myrist4te@gmail.com ya makasihhh banyakkk sekaliiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi.., Maaf ya, baru kebaca pesannya. Contact no Lika barusan aku email ya.. thanks

      Delete
  3. Hallo Akang dan Teteh Calon Penganten,

    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Balai Sartika Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapat bonus-bonus menarik yaitu Logam Mulia 5 Gram dan Honeymoon di Bali!! Semua itu tanpa diundi looohhh…

    Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Rosianti,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hisbalaisartika )
    E-mail ( rosi.hiscorp@gmail.com )

    ReplyDelete
  4. NEW INFO

    Selamat Pagi!
    HIS Kologdam pada hari Sabtu,31 Agustus 2019
    pukul 11.00-14.00 akan mengadakan Test Food loh,
    bagi kaka-kaka yang sedang mencari gedung pernikahan beserta paket nya yang lainnya dalam mempersiapkan acara pernikahannya boleh dateng kok, acara ini GRATIS!
    Disana kaka-kaka bisa review tentang vendor-vendor yg bekerjasama dengan HIS Kologdam dan sharing tentang periapan pernikahan kaka-kaka dengan wedding consultant terbaik dari HIS Kologdam.
    Dateng yuuuuk, karena akan ada doorprize serta bonus yang menarik loh seperti Logam Mulia 10Gram!!

    Langsung hubungi ke,
    ROSIANTI
    085624295686 (WA)
    rosi.hiskologdam (Instagram)
    rosianti.hiscorp@gmail.com (e-mail)

    ReplyDelete
  5. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    Giyan : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    ReplyDelete

Review Daycare TBB Sylva KLHK

Sejak usia 3 bulan dan Bunda harus mulai aktif ngantor, putri kecil kami diasuh oleh yangti-yangkungnya di rumah, dengan sedikit bantuan dar...