Monday, September 14, 2015

Vendor Review: JOGLO MLATI

Postingan pertama saya tentang rencana persiapan pernikahan dulu adalah tentang pencarian wedding venue. Akhirnya terpilihlah Joglo Mlati sebagai venue untuk pernikahan kami. Alasan utamanya, seperti yang saya tulis di postingan sebelumnya, kami ingin menikah di pendopo joglo untuk mendapatkan suasana Jawa klasik yang bersahaja.  

Joglo Mlati menawarkan paket pernikahan yang pada awalnya kami pikir,  murah banget, nih! Bahkan paket pernikahan yang mereka tawarkan mulai dari 19 juta saja, lho. Paket termahal yang mereka tawarkan sekitar 45 juta. Harga itu sudah mencakup sewa seluruh area Joglo Mlati, dekorasi, foto, hiburan, mobil pengantin, termasuk catering 100 pax buffet. Murah bangeeeet kan? Yang membedakan dari tiap paket adalah menu catering, jumlah kursi, hiburan, jenis mobil pengantin dan tenda. Untuk paket 45 juta misalnya, mereka memberikan tenda VIP, catering untuk 150 pax buffet, sementara paket termurah tanpa tenda dengan catering 100 pax dengan menu sederhana. 

Seiring dengan persiapan pernikahan kami, paket pernikahan yang ditawarkan Joglo Mlati 
mulai kami cermati satu persatu. Daaan, mulailah saya agak kecewa dengan Joglo Mlati ini. Paket yang ditawarkan memang murah, tapi yaa, ada harga ada rupalah.. Misalnya, hasil foto yang dihasilkan fotografer Joglo Mlati standard banget deh.. Kurang modern hasilnya.. kemudian kalo melihat foto dekorasi yang mereka tawarkan juga, maaf.. agak norak-norak gimana gitu.. (paket dekor sangat  ekonomislah). Belum lagi kalau kita akan menggunakan tenda di luar pendopo, juga dikenakan extra charge, yang lumayan banget. Untuk tenda VIP misalnya, ditotal harus tambah 14 juta dari paket (kecuali ambil paket yg 45 juta). 

Okelah, paket pernikahan yang mereka tawarkan memang murah, jadi wajar saja kalau item yang mereka berikan juga minimalis kurang manis. Kami mengerti sekali..! Tapi herannya, ketika kami bersedia membayar lebih untuk mendapatkan vendor dengan performa yang lebih baik, meraka bilang tidak bisa mengakomodirnya.. Artinya, paket pernikahan mereka 'dikunci' mati, dipakai atau tidak setiap item tidak bisa dikeluarkan dari paketnya.

Untuk fotografer misalnya, kami menggunakan jasa fotografer pilihan kami plus harus tetap menggunakan fotografer yang disediakan oleh Joglo Mlati. Jd berasa double expenses, gitu deh.. Well, hikmahnya, koleksi foto pernikahan kami jadi banyak.. hehehe.. fyi, fotografer Joglo Mlati baru datang ke venue beberapa waktu sebelum acara resepsi dimulai.. Jadi, moment akad tidak meraka ambil fotonya.. Untung, kami menyewa fotografer profesional di luar paket.. Kalo nggak..., bisa nangis bombay saya.. halaah.. 
Oh ya, foto2 di postingan yang ini dihasilkan oleh fotografernya Joglo Mlati ya.. Hasilnya ya..., standardlah ya.. lumayanlah.. 

Kemudian, untuk catering pun, dikunci juga oleh Joglo Mlati. Okelah, soal makanan, karena ini restoran, satu grup dengan Santika pula, makanan yang disajikan bisa diandalkanlah.. Tapi, karena adek saya punya usaha gudeg yang cukup terkenal di Jogja, masak di pesta pernikahan saya, kami sajikan gudeg pihak lain sih.. Memang sih, setelah nego2, kami boleh menggunakan gudeg adek saya itu, tapiiii.. mesti sewa stallnya.. (ok, gpp), dan juga harus bayar charge 2 ribu rupiah per pax. Rrrrggghhhh.. bete' deh.. akhirnya, dengan terpaksa menu gudeg saya coret dari daftar menu.. huhuhuu.. 

Oh ya, di lain pihak, saya juga perlu memberikan credit untuk Joglo Mlati.. Karena menu-menu yang mereka sajikan menurut tamu-tamu kami enak. Juaranya adalah, jamu gendhong dan jenang grendul.. ehheheh.. bahkan boss2 suami yang datang di acara pernikahan kami pun langsung menyerbu kedua menu ini, katanya.. yeayy.. menu lain yang dibilang enak banget adalah soto kudus (konsumsi akad). Menu lain juga dibilang enak sih, seperti menu buffet, zuppa soup, sego liwet, sego wiwit, bakso rambutan, rujak es krim, dan dawet. Sementara siomaynya kurang cihuy katanya. Agak keras.. 


menu buffet disajikan di panci tanah liat
gubugan Joglo Mlati.. beneran gubug, sehingga kesan tradisional Jawa yang bersahaja kental sekali. Seperti yang kami inginkan

 Tapiiii, kesalahan besar pihak Joglo Mlati dalam hal catering adalaaah.. saya sudah beberapa kali berpesan kepada pihak Joglo Mlati supaya stall2, yang saya order 500 pax per menu tolong dipecah-pecah gubug2nya (satu menu gubugan dibagi menjadi dua stall/gubug; jadi masing2 stall utk 250 pax). Tujuannya sih simple saja, supaya tamu2 tidak terlalu lama antri untuk mengambil makanan, dan supaya konsentrasi tamu tidak hanya di halaman depan pendopo saja, tapi juga di halaman2 samping.. Tapi, request saya yang berkali-kali saya sampaikan tidak diakomodir dengan baik.. Akhirnya, saat peak tamu2 berdatangan, halaman depan pendopo tampak penuh sekali.. huhuhuu.. Suasana yang terlalu rame di saat peak tamu berdatangan, bisa jadi bikin males tamu2 untuk berlama-lama antri makanan, kan?? huhuhuu.. Semoga semua tamu masih dapat menikmati pesta dan makanannya dengan nikmat.. yang pasti jumlah makanan sih tidak kurang, karena sisa makanan yang bisa kami bagi-bagikan ke tetangga2 setelah acara pun masih banyak.

Untuk Dekorasi, sebenarnya dekorasi yang saya inginkan adalah dekorasi yang simple saja. Beneran deh, saya sadar diri, budget kamipun terbatas.. jadi, ya nggak muluk2 pengen dekorasi yang super cantik. Sekedar dekorasi  yang sederhana tapi elegant dan tidak norak, That's it! Dekorasi dengan gebyok coklat yang klasik dan bunga2 dominan putih, dengan bunga utama sedap malam dan melati saja. 
Untuk dekorasi yang saya inginkan tersebut pihak Joglo Mlati memberikan harga extra 7 juta dari paket. Ok, deal! walaupun aneh juga ketika kami ingin kejelasan, dari paket yang kami bayarkan, berapa jumlah anggaran untuk dekorasinya. Pihak Joglo Mlati tidak bisa menjawab. hmmm.. 

Karena dekorasi adalah item penting banget di akad dan resepsi, tentu saja saya cerewet sekali tentang ini. Akhirnya, saya diberikan contact vendor dekorasi yang mereka gunakan. Soko Dekorasi, namanya. Vendor ini baru banget menjadi rekanan pihak Joglo Mlati. Setelah sebelumnya, ada penganten yang kekeuh untuk menggunakan jasa vendor dekorasi dari luar Joglo Mlati, yaitu Soko Dekorasi tersebut. Melihat contoh2 hasil dekorasinya, lumayanlah.. Alhamdulillah, hasil dekor Soko Dekorasi lumayan cantik. Paslah dengan expectasi saya.. sederhana tapi tetap elegant.. menurut saya, lho.. Dekorasi favorite saya adalah hiasan bunga di kursi-kursi akad.. seperti request saya, di belakang kursi akad saya minta diberikan hiasan bunga buket bunga kecil dengan ronce melati.. 



Dekorasi meja-kursi akad. Bagian favorite saya adalah ronce melati di bagian belakang kursi. Love it!


Dekorasi Pelaminan oleh Soko Dekorasi (Joglo Mlati). Seperti yang saya bayangkan, walaupun sederhana tapi tetap manis dan elegant (tidak norak!). heheheh...
dekorasi di bag dalam pendopo utama..
dekorasi di pergola, bagian depan pendopo utama.. 
After all, jualan utama Joglo Mlati, yaitu traditional ambiance memang juara! Joglo utama dan bangunan-bangunan (joglo-joglo kecil) di sekitarnya memberi kesan Jawa banget. Menu-menu yang mereka sajikan dengan gubug beneran, plus pramu saji yang berbaju lurik, membangun suasana ndeso, Jawa banget.. seperti yang kami inginkan..

Halaman samping joglo utamanya Joglo Mlati.. Tempatnya sih OK, juara menurut saya..
Joglo-joglo kecil di sekeliling pendopo utama. Bangunannya kereen banget. Klasik Jawa banget!

Bangunan Joglo lain di samping pendopo utama. Kami manfaatkan untuk ruang VIP


Walaupun pihak marketing Joglo Mlati kurang detail merekam kecerewetan saya sehingga banyak detail yang harusnya ada jadi tidak ada, yang harusnya tidak begitu jadi begitu, dst memang mengurangi kesempurnaan acara kami.  Tapi, kami tetap sangat bersyukur, tamu-tamu yang datang punya kesan yang baik ketika menghadiri pernikahan kami.. Terutama tamu-tamu kami dari luar kota, khususnya Jakarta. Bahkan kemudian ada yang menanyakan tentang venue ini.. Berarti kan kesannya baik..

Berkali-kali saya bilang ke pihak marketing joglo mlati, saya minta hiburannya SITERAN supaya nuansa pestanya agak syahdu, tenang, dan romantis gitu.. , eh.. di hari H diberikan hiburan COKEAN.  Untung sindennya memilih lagu-lagu yang kalem, jadi ya sudahlah.. Tamu-tamu juga pada nggak ngeh, kayaknya... Tetep keren sih.. (salah satu bukti kurang detailnya pihak Joglo Mlati merekam request customernya..)
Jadi, kalo saya harus memberikan skor untuk Joglo Mlati, saya akan berikan nilai 7,8 dari 10. Kalau saja beberapa hal yang saya sebutkan di atas bisa diperbaiki, menurut saya Joglo Mlati akan menjadi tempat untuk menggelar pernikahan dengan sentuhan jawa klasik yang perfect. Anyway, thank you Joglo Mlati dan team.. :)

11 comments:

  1. Replies
    1. Dhikaaa..., waktu itu undangan untuk Ibu (dan Dhika) katanya dititip Pak Tommy di pembantu rumah. Maafkeun, kalo nggak nyampe.. Nggak mungkin kelupa ngundang Bu Endanglah.., secara beliau sosok yang paling menginspirasiku bangeeet.. Undangan Dhika nebeng di Ibu.. hehehe.. Maaf..

      Delete
    2. Iya gak nyampe mba... agak bingung pak Tommy kasih ke pembantu siapa ya? Soalnya pembantu aku H-20 lebaran udah mudik, jangan2 pak tommy kasih ke pembantu tetangga hahahahaha...

      Anyway selamat yaa mba dewi, semoga pernikahannya langgeng sakinah, mawaddah, wa rahmah.. Aamiin

      Delete
    3. Aamiin.. Makasih, Dhika. Duuh Pak Tom Yam nih.. Agak selebor, ih! Soalnya sempet ditanya Bu Amini jg, apa aku kelupa undangan untuj Bu Endang.. Jd langsung kita tanya Pak Tom wkt itu Dhika, katanya dititip asisten di rumah.. Huhuhuu..

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Halo para calon pengantin! Udah pada tau belum di bulan ramadan ini HIS Kologdam Grand Ballroom lagi kasih promo spesial buat kalian loh...
    Penasaran gak sih sama promonya apa aja?
    Khusus booking date di bulan ramadan tahun ini kalian bakalan dapetin:
    - Umrah For Couple
    - THR Up To 30 Juta
    - Hampers Special Ramadan!
    *Syarat dan ketentuan berlaku.

    Untuk info lebih lanjut yuk segera hubungi Ayu (WA 081324570721)

    ReplyDelete
  4. Hallo Para Calon Pengantin

    Sudah berencana akan menikah dalam waktu dekat? Butuh referensi gedung pernikahan di Bandung? HIS Kologdam merupakan salah satu Venue yang tepat untuk para calon pengantin!
    Grand Ballroom yang sudah Full Karpet, Fasilitas yang lengkap, serta menyediakan semua element-element wedding. Dan yang Top-top diBandung!

    Untuk informasi lebih lengkap mengenai PROMO dan ingin mengetahui jadwal kosong pernikahan para calon pengantin.

    Boleh chat ke nomor 0853-5282-8252 (Tiara)

    ReplyDelete
  5. HIS balai sartika memiliki konsep One Stop Wedding Service, dengan konsep One Stop Wedding Service ini lebih memudahkan kak winda kedepannya dalam pemilihan vendor, yang sudah mencakup seluruh kebutuhan kak ina dari mulai :
    -Gedung
    -Catering
    -Dekor
    -Rias busana & Make up
    -Fotografi
    -Entertaiment
    -MC
    -Upacara Adat
    -Wedding car
    -Wedding Organizer & Wedding Consultant

    Info lebih lanjut bisa hub Zulfa 089611648377 (WA)

    ReplyDelete
  6. Hallo Para Calon Pengantin

    Sudah berencana akan menikah dalam waktu dekat? Butuh referensi gedung pernikahan di Bandung? HIS Kologdam merupakan salah satu Venue yang tepat untuk para calon pengantin!
    Grand Ballroom yang sudah Full Karpet, Fasilitas yang lengkap, serta menyediakan semua element-element wedding. Dan yang Top-top diBandung!

    Untuk informasi lebih lengkap mengenai PROMO dan ingin mengetahui jadwal kosong pernikahan para calon pengantin.

    Boleh chat ke nomor 0853-5282-8252 (Tiara)

    ReplyDelete
  7. Hi brides to be, lagi cari gedung utk acara pernikahan di Kota Bandung? Gedung HIS Balai Sartika Convention Hall bisa jadi pilihan kamu loh karena lokasinya strategis dan sekarang udh full carpet + lampu chandelier. Selain itu HIS Balai Sartika Convention Hall juga menyediakan paket pernikahan yang fleksibel. Jangan khawatir, pilihan vendornya ada banyak dan bisa pilih sesuai keinginan kamu. Ohya, sekarang lagi ada promo menarik juga loh yaitu invitation card, logam mulia, dan souvenir! Untuk informasi lengkapnya, bisa kontak WA ke 081220738073 (AYU) FREE CONSULT!!

    ReplyDelete
  8. Haloo, aku mau bagi pengalaman pernikahan kakakku. Jadi waktu itu kakakku dan pasangannya sibuk kerja kan jadi memang susah untuk ngurusin sendiri, nah karena kakakku nyari tempat pernikahan yang memang aksesnya mudah jadi dia nyari yang tengah2 dan ga terlalu macet. Akhirnya kakakku mutusin buat nikah di Elnusa, letaknya kalau ga salah di Tb.Simatupang deket Citos. Nah disana ternyata sudah ada paketan weddingnya juga dan sudah ada WOnya. Waktu itu kakakku dibantu sama Kak Ali, nah disana bener2 dibantuin dari awal sampe akhiir. Walaupun kakakku dan pasangannya sibuk kerja tapi urusan pernikahannya ga sampai keteteran karena bener2 dibantuin. Jadi disana itu udah semua2nya diurusin, kakakku tinggal ngurusin souvernir dan undangan aja. Bahkan ada Wedding Plannernya gitu yang mengatur jadwal kakakku untuk visit2 vendor dan testfood, jadi bener2 bikin kakakku ga pusing mikirin pernikahannya. Dari awal kakakku persiapan acara sampai akhir acara bener2 ga dilepas sama WOnya, dan hal itu ngebuat mamahku ga terlalu banyak ikut campur. Jujur Pelayanannya bener2 bagus, walaupun kakakku dan pasangannya kadang suka banyak maunya tapi tuh kayak diturutin terus gituu. Alhamdulillah keluargaku dan kakakku puas sih nikah di HIS Graha Elnusa. Kalo kalian berminat aku ada nih kontaknya yang waktu itu bantuin kakakku, namanya Kak Ali, nomornya 087884761964. Semoga bisa membantu kaliaan

    ReplyDelete

Review Daycare TBB Sylva KLHK

Sejak usia 3 bulan dan Bunda harus mulai aktif ngantor, putri kecil kami diasuh oleh yangti-yangkungnya di rumah, dengan sedikit bantuan dar...